TINJAUAN ANALISIS TERHADAP PRAKTIK CASH WAQF LINKED SUKUK PADA LEMBAGA KEUANGAN (STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR LAYANAN PRIORITY KOTA SEMARANG)

ZIDARROHMAH, LITA (2022) TINJAUAN ANALISIS TERHADAP PRAKTIK CASH WAQF LINKED SUKUK PADA LEMBAGA KEUANGAN (STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR LAYANAN PRIORITY KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501800035_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Wakaf merupakan suatu bentuk membelanjakan harta dijalan Allah, artinya menahan suatu benda yang kekal zat nya, yang bisa digunakan manfaatnya untuk kepentingan ummat manusia untuk diberikan dijalan Allah. Di Indonesia, wakaf tidak terbatas pada benda-benda tidak bergerak saja, melainkan pada instrument yang mendorong masyarakat untuk berwakaf, seperti wakaf tunai yang dikolaborasikan dengan sukuk yang di sebut Cash Waqf Linked Sukuk. Penulis menggunakan metode Kualitatif yaitu jenis penelitian yang sejalan dengan sifat masalah yang diteliti dan dasar dari tujuan penelitian yang dikembangkan diimana kegiatan penelitian yang dilakukan adalah mengkaji persoalan secara objektif dengan data yang diperlukan untuk menggambarkan bagaimana praktik penerapan Cash Waqf Linked Sukuk yang dilakukan oleh lembaga keuangan khususnya di Bank Syariah Indonesia Kantor Layanan Prioritiy Kota Semarang. Dalam praktiknya pemerintah menetapkan prosedur dalam melakukan Cash Waqf Linked Sukuk, begitupun di Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU), salah satunya Bank Syariah Indonesia Kantor Layanan Priority Kota Semarang juga mempunyai prosedur dalam melakukan Cash Waqf Linked Sukuk, dimana dalam pelaksaanya nasabah menggunakan Digital Banking berupa Internet Banking atau Mobile Banking. Bank Syariah Indonesia Kantor Layanan Priority Kota Semarang Secara berkala melakukan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang Cash Waqf Linked Sukuk serta manfaatnya untuk kepentingan umum dan sosial. Badan Wakaf Indonesia sebagai otoritas nazhir wakaf dalam mengembangkan perwakafan di Indonesia untuk memberikan pembinaan kepada nazhir, sehingga membentuk nazhir profesional dalam mengelola harta wakaf di Indonesia khususnya Cash Waqf Linked Sukuk. Kata Kunci: Wakaf, Cash Waqf Linked Sukuk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:12
Last Modified: 24 Jan 2023 02:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27585

Actions (login required)

View Item View Item