PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERMUATAN COVID-19 PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS XI SMA DI PEMALANG

Nurkholis, Nurkholis (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERMUATAN COVID-19 PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS XI SMA DI PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101700017_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101700017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)

Abstract

Kata Kunci: Model CTL, Covid-19, Media Gambar, Cerpen Ketersedian model pembelajaran mutlak diperlukan oleh siswa dan guru. Hal tersebut karena dalam model pembelajaran terdapat tujuan pengajaran, tahaptahap dalam pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas seperti halnya pada mata pelajaran menulis cerpen SMA kelas XI di Pemalang. Belum adanya model pembelajaran khusus mata pelajaran tersebut melatarbelakangi penelitian R&D ini untuk mengembangkan model pembelajaran yang bermuatan Covid-19. Masalah pada penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) pada keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA, merumuskan karakteristik model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) bermuatan Covid-19 pada keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA, menyusun prototipe model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) bermuatan Covid-19 pada keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) pada keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA, merumuskan karakteristik model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) bermuatan Covid-19 pada keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA, menyusun prototipe model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) bermuatan Covid-19 pada keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Instrumen yang digunkan berupa angket untuk mengambil data kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran CTL. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Dengan penelitian ini dihasilkan model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) dengan kebaruan muatan yakni muatan Covid-19. Dari hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa siswa dan guru membutuhkan model pembelajaran yang berupa model pembelajaran yang sesuai dengan sintaks model pembelajaran meliputi contructivism, questioning, inquiry, learning comunity, reflection dan authentic assesment. Berdasarkan penilaian prototipe model pembelajaran CTL bermuatan Covid-19 dengan Media gambar, ahli memberikan penilaian dengan jumlah ratarata, yaitu 1) aspek pendahuluan memperoleh nilai rata-rata 87,5 dengan kategori sangat baik, 2) aspek isi memperoleh nilai rata-rata 85,9 dengan kategori sangat baik, 3) aspek kegraikan memperoleh nilai rata-rata 100 dengan kategori sangat baik, 4) aspek kelayakan bahasa memperoleh nilai rata-rata 100 dengan kategori sangat baik, dan 5) Aspek Penutup memperoleh nilai rata-rata 100 dengan kategori sangat baik. Kesesuaian model pembelajaran CTL bermuatan Covid-19 di antaranya : 1) buku model pembelajaran yang dikembangkan telah disesuaikan dengan hasil analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik dan mempertimbangkan teori-teori yang mendukung baik dari bentuk fisik maupun isi buku, 2) model pembelajaran yang dikembangkan difungsikan sebagai buku panduan sehingga dapat memperkaya wawasan peserta didik dan guru. Keunggulan model pembelajaran yang dikembangkan, 1) memiliki empat bab yang disusun secara sistematis, 2) menyajikan muatan Covid-19 sebagai panduan penulisan cerpen, 3) menyajikan langkah-langkah menulis cerpen yang mudah dipraktikkan peserta didik, dan 4). Keterbatasan penelitian ini yaitu, 1) instrumen penelitian yang digunakan dalam mengambil data kebutuhan sehingga kurang mendetail, 2) keterbatasan jumlah sampel yang sedikit untuk mewakili banyaknya sekolah, 3) keterbatasan pemilihan dosen ahli, dan 4) keterbatasan waktu dan biaya sehingga penelitian yang dilakukan hanya sampai kepada tahap revisi produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:05
Last Modified: 24 Jan 2023 02:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27562

Actions (login required)

View Item View Item