REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA PERCAKAPAN PEMBELI DAN PENJUAL PAKAIAN KELILING DI DESA PAKEM, KECAMATAN SUKOLILO, KABUPATEN PATI

Monikasari, Nita (2022) REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA PERCAKAPAN PEMBELI DAN PENJUAL PAKAIAN KELILING DI DESA PAKEM, KECAMATAN SUKOLILO, KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101700011_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101700011_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Kata Kunci: Realisasi, Kesantunan berbahasa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana realisasi kesantunan berbahasa percakapan pembeli dan penjual pakaian keliling di Desa Pakem, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati. Realisasi merupakan sebuah proses yang telah diwujudkan untuk mempunyai sebuah kenyataan dan pelaksanaan yang sangat nyata agar realisasi dapat sesuai, semoga realisasi dapat sesuai apa yang telah diharapkan. Perdagangan adalah tukar menukar barang atau keduanya yang berdaskan kesepakatan bersama bukan pemaksaan. Perdagangan merupakan suatu hal yang sangat dalam, melakukan kegiatan perekonomian. Bentuk penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif berarti menjabarkan atau menggambarkan data secara sistematis, akurat, dan apa adanya sesuai dengan kenyataan yang ditentukan dilapangan. Berdasarkan prinsip kesantunan Leech (2011:8) ada 6 maksim diantaranya maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, maksim kesimpatian. Berdasarkan data yang diperoleh dari peneliti, tuturan percakapan Bu Sarmini yang mengandung prinsip pematuhan kesantunan berbahasa berjumlah 13 data pematuhan, sedangkan tuturan yang mengandung prinsip kesantunan berbahasa pelanggaran berjumlah 10 data data pelanggaran . Data yang diperoleh dari percakapan Bu Kusmiasih, data pematuhan ada 10 data. Data pelanggaran ada 14 data yang saya temukan. Jadi, dua data pematuhan kesantunan berbahasa antara Bu Samini dan Bu kusmiasih ada 23 data. Data pelanggaran antara Bu sarmini dengan Bu Kusmiasih 24 data. Kesantunan berbahasa merupakan salah satu aspek yang perlu mendapatkan perhatian lebih dalam komunikasi. Telah dinyatakan bahwa realisasi kesantunan berbahasa membahas bagaimana manusia menggunakan istilahistilah yang tersedia dalam bahasa untuk mencapai kesantunan. Santun atau tidaknya suatu tuturan bergantung dari indikator yang berlaku dalam suatu masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:03
Last Modified: 24 Jan 2023 02:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27559

Actions (login required)

View Item View Item