PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2017-2019)

Umah, Fatuwa Tul (2022) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2017-2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401700071_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPengaruh Dewan Komisaris, Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility dengan Manajemen Laba sebagai variabel intervening. Jenis Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kuantitatif berupa data sekunder yang diperoleh melalui situs resmi www.idx.co.id Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia ( BEI ) pada tahun 2017 – 2019. Metode pengambilan data yang digunkan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling serta memperoleh 63 sampel perusahaan manufaktur. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial dewan komisaris berpengaruh positif signifikan terhadap CSR. Variabel profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap CSR. Variabel manajemen laba berpengaruh negatif dan signifikan terhadap CSR. Variabel dewan komisaris berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba. Variabel profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Hasil memediasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa dewan komisaris memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap corporate social responsibility melalui manajemen laba. Hasil profitabilitas memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap corporate social responsibility melalui manajemen laba. Hasil ini menunjukkan bahwa manjemen laba pada penelitian ini tidak mampu memediasi hubungan antara dewan komisaris dan profitabilitas terhadap corporate social responsibility. Kata Kunci : Dewan Komisaris, Profitabilitas, Manajemen Laba dan Corporate Social Responbility

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 07:01
Last Modified: 23 Jan 2023 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27540

Actions (login required)

View Item View Item