PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA SISWA KELAS VIIIA 3 SMP SULTAN AGUNG SEMARANG

Rohman, Mohammad Alif (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA SISWA KELAS VIIIA 3 SMP SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101700009_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101700009_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)

Abstract

Kata Kunci : Keterampilan Menulis Puisi, Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, yaitu prasiklus dan siklus I. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA3 SMP Sultan Agung 04 Semarang berjumlah 34 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Keterampilan menulis puisi,model pembelajaran Creative Problem Solving(CPS).Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa menulis puisi dan teknik nontes berupa, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa peningkatan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) mengalami peningkatan nilai, perubahan sikap, dan perubahan motivasi dari tahap prasiklus, hingga siklus I . Peningkatan dapat dilihat dari peningkatan skor hasil tes menulis puisi pada prasikus dan siklus I. Rata-rata siswa dalam menulis puisi sebelum adanya tindakan berkategori kurang. Namun setelah diterapkannya model pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS )selama di sikilus I, rata-rata keterampilan siswa dalam menulis puisi berktegori baik dan kategori sangat baik. Peningkatan hasil dapat dilihat pada rata-rata menulis siswa pada setiap siklus.Dengan demikian, pada pembelajaran menulis puisi sudah mengalami peningkatan setelah diberi tindakan berupa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).Yang berupa Peningkatan yang cukup signifikan dari prasiklus ke siklus I, dikategorikan pembelajaran yang dilakukan pendidik menggunakan model Creative Problem Solving (CPS). Peningkatan pada prasiklus sebesar 39,1% ke siklus I . Hal ini terlihat dari pencapian skor rata-rata dari prasiklus yang semula hanya 51,5 menjadi 90,6.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 07:01
Last Modified: 23 Jan 2023 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27539

Actions (login required)

View Item View Item