Umar, Umar (2022) PEMBINAAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM PADA SISWA MTS YASUA PILANGWETAN KEBONAGUNG DEMAK TAHUN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
31501800124_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan keagamaan dalam membentuk kepribadian peserta didik pada MTs Yasua Pilangwetan Kebonagung Demak. Sebagaimana identitasnya sebagai muslim yang kemudian ditunjukkan baik dalam perilaku dan kebiasaan. Aspek yang diteliti meliputi, pelaksanaan pembinaan keagamaan, kepribadian muslim peserta didik, faktor penghambat pembinaan kepribadian muslim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kualitatif dengan sifat deskriptif. Variabel pada penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik MTs Yasua Pilangwetan Kebonagung Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembinaan keagamaan , pendidik membiasakan peserta didik untuk sopan santun, sholat berjamaah, berdoa sebelum belajar yang di lakukan pada MTs Yasua Pilangwetan Kebonagung Demak hingga menghasilkan kepribadian muslim pada peserta didik. Kegiatan dari Pembinaan Keagamaan diantaranya pembinaan aqidah, pembinaan ibadah, pembinaan akhlak. Pembinaan tersebut adalah slah satu aspek dalam mewujudkan kepribadian muslim pada peserta didik. Kata Kunci : Pembinaan Keagamaan, Kepribadian Muslim, MTs Yasua Pilangwetan Perhatian orangtua merupakan lingkungan pertama bagi peserta didik, hal paling penting untuk anak yaitu perhatian orang tua dan seseorang yang paling dekat dengan anak. Perhatian arahan dengan pertolongan orang tua sangat bermakna buat anak untuk membantu mengarahakan dan perolehan prestasi belajarnya. Maka dari itu perhatian orang tua merupakan faktor penting dalam meningkatkan prestasi belajar. Penelitian dilakukan untuk mengukur Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pai Peserta Didik Kelas 4 di SDN Sembungharjo 01. Metode yang digunakan adalah fild reseach atau penelitian lapangan. melibatkan 56 peserta didik di SDN Sembungharjo. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan lima tahap yaitu uji validitas, analisis uji reliabilitas, analisis pendahuluan, analisis pendahuluan, analisis hipotesis, analisis lanjutan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa perhatian orang tua di SDN Sembungharjo 01 semarang mencapai taraf baik, prestasi belajar PAI juga baik, maka setelah dilakukan uji statistik ternyata ada Hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar PAI. Semakin tinggi perhatian orang tua semakin besar juga prestasinya. Kata Kunci: perhatian; orang tua; pestasi belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jan 2023 07:00 |
Last Modified: | 23 Jan 2023 07:00 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27538 |
Actions (login required)
View Item |