NILAI-NILAI MORAL PADA CERPEN “RAHASIA NENEK” SEBAGAI MEDIA PEMBINAAN MORAL BAGI ANAK MISKIN DI KOTA SEMARANG

Alhuda, Bintang (2022) NILAI-NILAI MORAL PADA CERPEN “RAHASIA NENEK” SEBAGAI MEDIA PEMBINAAN MORAL BAGI ANAK MISKIN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101600275_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101600275_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Kata Kunci : Nilai-Nilai Moral, Pendidikan Moral, Cerpen, Anak-anak Miskin. Telah dilakukan penelitian tentang nilai-nilai moral pada kumpulan cerpen Rahasia Nenek sebagai media pembinaan moral bagi anak-anak miskin di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moral pada kumpulan cerpen Rahasia Nenek dan mengetahui perubahan nilai moral pada anak- anak miskin Kota Semarang setelah membaca dan berdiskusi kumpulan cerpen tersebut. Sampel dalam penelitian yaitu 20 anak-anak miskin di Kota Semarang. Pemilihan sampel dilakukan berdasarkan rendahnya nilai-nilai moral pada anak- anak miskin kota Semarang. Penelitian ini menemukan 3 temuan yaitu Pertama, nilai moral yang terkandung dalam kumpulan cerpen Rahasia Nenek ditemukan 3 nilai moral yaitu nilai moral hubungan manusia terhadap Tuhan antara lain: bersyukur, sholat, pasrah terhadap takdir, iman kuat, pemaaf, mendapatkan pahala, kontrol diri. Nilai moral hubungan manusia terhadap manusia antara lain: rajin, pengakuan salah, penyayang, jujur, ulet, bekerja keras, permintaan maaf, dan adil. Dan nilai moral hubungan manusia terhadap lingkungan antara lain: menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kelestarian budaya, dan toleransi antar budaya. Kedua, hasil pendampingan nilai moral pada 20 anak miskin di Kota Semarang, ditemukan perubahan nilai moral setelah membaca dan berdiskusi. Berdasarkan lembar observasi, terjadi peningkatan pengetahuan dan sikap dari kategori rendah menjadi sedang. Ketiga, berdasarkan hasil pendampingan moral pada 20 anak miskin ditemukan nilai moral tertinggi pada nilai moral hubungan manusia terhadap lingkungan dan nilai moral terendah ditemukan pada nilai moral hubungan manusia terhadap manusia. Hal ini menunjukkan representatif bahwa anak miskin lebih banyak berinteraksi di lingkungan masyarakat. Namun tidak diimbangi nilai moral yang baik ketika berinteraksi dengan sesama manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 06:45
Last Modified: 23 Jan 2023 06:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27532

Actions (login required)

View Item View Item