KARAKTERISTIK PERUSAHAAN SEBAGAI DETERMINAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Konsisten Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2018-2020)

Wati, Erma (2022) KARAKTERISTIK PERUSAHAAN SEBAGAI DETERMINAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Konsisten Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401700066_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Islamic Social Reporting merupakan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap stakeholders melalui berbagai kegiatan yang sesuai dengan prinsip syariat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji beberapa faktor yang mempengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) yakni surat berharga syariah (sukuk), ukuran perusahaan (size), profitabilitas, dan leverage. Populasi dalam penelitian ini ialah perusahaan manufaktur yang konsisten terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2018-2020. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 249 data pengamatan selama periode 3 tahun. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan annual report perusahaan yang diakses melalui website resmi BEI yakni (www.idx.co.id) dan situs perusahaan masing-masing yang dijadikan sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Surat Berharga Syariah (Sukuk) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), Ukuran Perusahaan (Size) berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), Profitabilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), dan Leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Kata Kunci: Surat Berharga Syariah (Sukuk), Ukuran Perusahaan (Size), Profitabilitas, Leverage, Islamic Social Reporting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 06:32
Last Modified: 23 Jan 2023 06:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27522

Actions (login required)

View Item View Item