MANAJEMEN KONFLIK PADA PERNIKAHAN DUAL-CAREER FAMILY MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS PEGAWAI PEMERINTAH KOTA SEMARANG DI WILAYAH KECAMATAN GENUK)

Putri, Ceria Ayuni (2022) MANAJEMEN KONFLIK PADA PERNIKAHAN DUAL-CAREER FAMILY MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS PEGAWAI PEMERINTAH KOTA SEMARANG DI WILAYAH KECAMATAN GENUK). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501800015_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari pasti tidak akan luput dari konflik, tak terkecuali juga bagi kehidupan dalam rumah tangga, keberadaan konflik dalam keluarga dapat berpengaruh pada kehidupan social sehingga konflik yang muncul dalam rumah tangga harus segera diselesaikan. Oleh sebab itu sangat menarik untuk melakukan penelitian pada pasangan dual-career family dalam memanajemen konflik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber konflik dan bagaimana pasangan dual-career menyelesaikan konflik yang ada dalam rumah tangga. Pada penelitian ini, peneliti memilih pendekatan kualitatif dan subyek dalam penelitian ini adalah pasangan suami istri yang keduanya saling bekerja, dengan catatan keduanya menjadi Pegawai Negeri Sipil atau hanya salah satu yang menjadi Pegawai Negeri Sipil. Pada penelitian kali ini peneliti mendapat sumber info dari 9 (sembilan) pasang suami istri dual-career family pada pemerintahan Kota Semarang terutama yang berada dalam kecamatan Genuk. Berdasarkan hasil penelitian pada perkawinan dual career family, konflik dalam rumah tangga antara suami dan istri dapat dikelola dengan baik. Proses penyelesaian konflik dalam perkawinan dual-career family pada pegawai Pemkot Semarang sangat beragam namun dalam menyelesaikan konflik antara pasangan satu dan pasangan lainya juga terdapat berbagai persamaan. Pengelolaan manajemen konflik dual-career family pada pegawai pemkot Semarang dilakukan dengan cara musyawarah untuk mencari jalan tengah, komunikasi yang baik juga berpengaruh pada pasangan dual-career family baik dalam rumah tangga ataupun pekerjaan. Kata kunci: pernikahan, manajemen konflik, dual-career family

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:40
Last Modified: 23 Jan 2023 03:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27510

Actions (login required)

View Item View Item