EXPLORING THE FACTORS AND LEVELS OF STUDENTS’ AUTONOMY IN LANGUAGE LEARNING (A Mixed-Method Study on the Twelfth Graders of SMA Negeri 2 Semarang in the Academic Year of 2022/2023)

WIRANTI, SUKMA (2022) EXPLORING THE FACTORS AND LEVELS OF STUDENTS’ AUTONOMY IN LANGUAGE LEARNING (A Mixed-Method Study on the Twelfth Graders of SMA Negeri 2 Semarang in the Academic Year of 2022/2023). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800036_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)

Abstract

Otonomi siswa sangat penting dalam pembelajaran bahasa. Otonomi siswa diyakini sebagai salah satu elemen kunci dalam pembelajaran bahasa yang sukses di mana pembelajaran yang mandiri, berpusat pada siswa, dan dapat dikelola sendiri menjadi sorotan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tingkat otonomi siswa dalam pembelajaran bahasa dengan mempertimbangkan karakteristik siswa yang otonom dan faktor-faktor yang mempengaruhi otonomi siswa. Sebagai studi metode campuran, penelitian ini menggabungkan kuesioner dan wawancara sebagai instrumen. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 2 Semarang. Data kuantitatif mengenai tingkat otonomi siswa menunjukkan: emerging (0%), beginning (14,12%), intermediate (57,60%), advanced (28,28%). Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas tingkat kemandirian siswa dalam pembelajaran bahasa berada pada tingkat menengah. Sedangkan rata-rata data kuantitatif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi otonomi siswa menunjukkan: peran siswa (21,13%), peran guru (21,83%), tugas (16,90%), lingkungan (21,83%), materi (18,31%). Hal ini menunjukkan bahwa siswa setuju bahwa kemandirian siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor pendukung tersebut. Data kualitatif menunjukkan bahwa kemampuan otonomi siswa juga didukung oleh beberapa faktor, seperti: tujuan dan motivasi siswa, ikatan guru dan siswa, materi dan kegiatan pembelajaran, serta lingkungan belajar yang mendukung. Kesimpulannya, pengembangan keterampilan otonom siswa terkait dengan faktorfaktor pendukung, baik dari dalam diri siswa maupun dari luar diri siswa. Kata Kunci: Keterampilan Otonom, Pembelajaran Bahasa, Tingkat Otonomi Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:39
Last Modified: 23 Jan 2023 03:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27508

Actions (login required)

View Item View Item