KEEFEKTIFAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SDN TAMBAKREJO 02 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022

Rusdiyanto, Rusdiyanto (2022) KEEFEKTIFAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SDN TAMBAKREJO 02 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800109_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkah laku siswa yang masih dianggap kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru dikarenakan munculnya rasa bosan, malas, dan sering bercanda dengan teman. Terkadang siswa juga cenderung merasa malu untuk bertanya kepada guru ketika terdapat permasalahan dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) . Melihat kenyataan di atas, guru dituntut agar dapat memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk membantu guru dalam menyampaikan materi supaya dapat mencapai tujuan yangdi inginkan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI Lokasi penelitian ini bertempat di SDN Tambakrejo 02 Semarang, dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, guru menjelaskan materi pembelajaran pai dengan sangat rinci, menguariakan pokok-pokok materi kepada siswa, membahas materi yang telah dicatat, memberikan contoh dengan fakta-fakta yang terjadi, kemudian menyimpulkan hasil pelajaran yang ditemukan dan kemudian dicatat oleh siswa, kedua untuk melanjutkan pelajaran yang telah berlalu, menyelingi pembahasan agar mendapatkan keiutsertaan siswa dalam proses pembellajaran, untuk mencari jawaban dari siswa, untuk menilai kemajuan yang dialami oleh siswa, dan yang terakhir guru hendaknya menciptakan suasana pembelajaran yang dimana siswanya ikut berperan aktif pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, menarik minat belajar siswa, membangkitkan motivasi belajar siswa, memberikan peragaan dalam proses pembelajaran Kata kunci : pelaksanaan, metode tanya jawab, PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:37
Last Modified: 23 Jan 2023 03:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27504

Actions (login required)

View Item View Item