PERSEPSI WAJIB PAJAK MENGENAI SANKSI PERPAJAKAN, SISTEM PERPAJAKAN DAN PEMAHAMAN PERPAJAKAN YANG MEMPENGARUHI PENGGELAPAN PAJAK (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Pati)

Prihesti, Aprilia (2022) PERSEPSI WAJIB PAJAK MENGENAI SANKSI PERPAJAKAN, SISTEM PERPAJAKAN DAN PEMAHAMAN PERPAJAKAN YANG MEMPENGARUHI PENGGELAPAN PAJAK (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

This is the latest version of this item.

[img] Text
31401700031_fullpdf.pdf

Download (906kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Pajak merupakan sumber pendapatan negara terbesar yang menjadi andalan utama dalam memenuhi kebutuhan dan kemakmuran masyarakat. Namun demikian sampai saat ini penerimaan pajak tidak dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Hal ini disebabkan karena adanya perilaku dari wajib pajak untuk meminimalkan pembayaran pajak dengan melakukan berbagai cara seperti penggelapan pajak (tax evasion). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisi perngaruh sanksi perpajakan, sistem perpajakan dan pemahaman perpajakan terhadap persepsi wajib pajak mengenai penggelapan pajak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dan data yang digunakan yaitu data primer. Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pati dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 wajib pajak yang mempunyai NPWP. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode convenience sampling. Alat analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah SPSS versi 21. Hasil dari penelitian ini adalah sanksi perpajakan berpengaruh positif terhadap persepsi wajib pajak mengenai penggelapan pajak. Sistem perpajakan berpengaruh negatif terhadap persepsi wajib pajak mengenai penggelapan pajak. Pemahaman perpajakan berpengaruh positif terhadap persepsi wajib pajak mengenai penggelapan pajak. Kata kunci : sanksi perpajakan, sistem perpajakan, pemahaman perpajakan, persepsi wajib pajak, penggelapan pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 06:39
Last Modified: 23 Jan 2023 06:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27489

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item