Sabyila, Rismawati (2022) IMPLEMENTASI METODE QIṢAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS V MI ROHMATALIL’ALAMIN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
31501800104_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi metode Qiṣah dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang dilakukan di kelas V MI Rohmatalil’alamin. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi metode Qiṣah dalam pembelajaran SKI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memperoleh data di lapangan. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi Dari hasil analisis bisa ditarik kesimpulan bahwa perencanaan implementasi metode Qiṣah yakni dengan membuat RPP dan mempersiapkan diri baik secara lahir dan batin salah satunya menjaga emosional. Pelaksanaan metode Qiṣah dilakukan secara terstruktur dengan langkah-langkah yang diterapkan sehingga pelaksanaan metode terlaksana secara baik dimana di akhir pembelajaran diberikan evaluasi. Evaluasi implementasi metode Qiṣah adalah beberapa siswa ada yang bosan dan ada yang menganggap sulit karena terlalu banyak hafalan. Namun, ketika dilihat dari daya siswa dengan penerapan metode Qiṣah yang guru terapkan dapat dikatakan bahwasannya metode Qiṣah di kelas V MI Rohmatalil’allamin berhasil diterapkan dengan penguatan bukti nilai-nilai siswa yang 90% bagus. Kata kunci: Implementasi, Metode Qiṣah, Sejarah Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jan 2023 06:38 |
Last Modified: | 23 Jan 2023 06:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27488 |
Actions (login required)
View Item |