THE USE OF CARTOON MOVIE TO SUPPORT THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ SPEAKING SKILL: AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT EIGHTH GRADES OF JUNIOR HIGH SCHOOLE

Mafthukhah, Ririn Indah (2022) THE USE OF CARTOON MOVIE TO SUPPORT THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ SPEAKING SKILL: AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT EIGHTH GRADES OF JUNIOR HIGH SCHOOLE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800030_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800030_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menemukan apakah penggunaan film kartun efektif untuk mendukung peningkatkan kemampuan berbicara siswa atau tidak, terutama pada kelas delapan SMP. Desain penelitian ini menggunakan quasi-experimental research. Untuk mendapatkan data, penelitian ini menggunakan tes oral. Tes dilakukan terhadap dua kelas sebagai sampel penelitian ini, VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas control. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan film kartun efektif untuk mendukung siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara. Hal itu dapat didukung dengan hasil nilai pre-test dan post-test. Hasil nilai pre-test antara kelas eksperimen dan kelas control adalah 66.57 dan 66.71, sedangkan hasil nilai post-test antara kelas eksperimen dan kelas control adalah 77.00 dan 72.00. Lalu, hasil dari perhitungan uji t menunjukkan bahwa nilai tvalue lebih tinggi daripada t-table (2.892 > 2.000) dan Sig. (2-tailed) adalah 0.006 < 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Speaking Skill, Cartoon movie

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 06:38
Last Modified: 23 Jan 2023 06:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27487

Actions (login required)

View Item View Item