TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI SESERAHAN DALAM PERNIKAHAN (Studi Kasus di Desa Tulakan Kec. Donorojo Kab. Jepara)

Azizi, Ahmad Aldi Riza (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI SESERAHAN DALAM PERNIKAHAN (Studi Kasus di Desa Tulakan Kec. Donorojo Kab. Jepara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501800006_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Dalam acara di Desa Tulakan ini adalah Tradisi bagi masyarakat membawa perabotan rumah tangga sehari sebelum diadakannya akad nikah oleh calon suami. Sampai disini terkesan ada anjuran untuk melaksanakan tradisi Seserahan bagi siapa saja yang akan melangsungkan pernikahan, karena sudah menjadi kebiasaan turun temurun sampai sekarang.Ini yang menjadi salah satu hambatan bagi siapa saja yang hendak melangsungkan pernikahan, karena merupakan suatu keharusan untuk melaksanakan tradisi Seserahan bagi pihak laki-laki. Sedangkan prosesi itu sendiri membutuhkan banyak biaya, sehingga mengakibatkan para calon mempelai harus benar-benar mempersiapkan diri baik lahir maupun bathin. Rumusan masalah yang terkait, yaitu: (1) Bagaimana tradisi seserahan dalam acara pernikahan di Desa Tulakan Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara? (2) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap Tradisi seserahan dalam pernikahan di Desa Tulakan Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara?Adapun tujuan peniliti adalah: (1) Untuk mengetahui hal-hal yang menjadi latar belakang pada tradisi membawa seserahan dalam acara pernikahan di Desa Tulakan Kecamatan Donorojo Kabupaten Pati. (2) Untuk mengetahui hakikat atau prosoes yang sebenarnya tradisi membawa seserahan perabot rumah tangga di tinjau dari pandangan tokoh masyarakat (Adat atau Agama) dan dikaitkan dengan Hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah studi kasus, metode pengumpul data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek yang diteliti adalah tokoh masyarakat serta masyarakat yang menggunakan tradisi membawa perabotan rumah tangga dalam acara Pernikahan di Desa Tulakan Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara, sedangkan teknik analisa data menggunakan redaksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ virifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulanbahwa: DalamTinjauanHukum Islam tentangseserahan adat Jawa di Desa Tulakan Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara, dapat diterima dengan baik dan berjalan dengan semestinya. Karena mengandung unsur nafkah dan maslahah demi kesejahteraan hidup dalam berumah tangga. Pemberian Seserahan merupakan adat yang tidak ditetapkan hukumnya oleh syara’ dan tidak ada dalil yang melarang atau mewajibkannya. Tetapi, berdasarkan kebiasaan masyarakat yang selalu diulang-ulang. Kata kunci: Hukum Islam,Tradisi Seserahan, Pernikahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:30
Last Modified: 23 Jan 2023 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27485

Actions (login required)

View Item View Item