PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 DEMAK

Lestari, Novita Tri (2022) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800091_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana lingkungan sekolah di SMP Negeri 3 Demak, bagaimana motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Demak serta untuk mengetahui adakah pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Demak. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan melibatkan 155 peserta didik SMP Negeri 3 Demak. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis Correlation Pearson Product Moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 3 Demak dengan hasil perhitungan menggunakan korelasi product moment. Diketahui r hitung adalah 0,633 dengan taraf signifikansi r tabel adalah 0,156. Penelitian ini berkesimpulan bahwa lingkungan sekolah yang kondusif dapat meningkatkan motivasi dan semangat anak dalam belajar. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 06:51
Last Modified: 23 Jan 2023 06:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27470

Actions (login required)

View Item View Item