KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN GCG SEBAGAI DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN DENGAN MODERASI MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2017-2020)

Indriyanti, Reni (2022) KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN GCG SEBAGAI DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN DENGAN MODERASI MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2017-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401700001_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Nilai perusahaan menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh investor dalam menginvestasikan dana dalam perusahaan. Penelitian ini akan menguji beberapa faktor utama yang akan mempengaruhi nilai perusahaan yaitu good corporate governance, profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan. Selain beberapa faktor utama tersebut, penelitian ini juga menggunakan manajemen laba sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index untuk tahun 2017-2020. Dengan metode purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 116. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa good corporate governance berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, manajemen laba tidak dapat memoderasi pengaruh good corporate governance, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dan manajemen laba memperlemah pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Good Corporate Governance, Karakteristik Perusahaan, Manajemen Laba, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 06:49
Last Modified: 23 Jan 2023 06:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27466

Actions (login required)

View Item View Item