Pengaruh Islamic Corporate Governance dan Pengungkapan Islamic Social Reporting Terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia dan Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2018-2020)

Fatima, Vina Ulvia (2022) Pengaruh Islamic Corporate Governance dan Pengungkapan Islamic Social Reporting Terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia dan Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401606662_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Kinerja keuangan adalah bagian terpenting dari suatu perusahaan karena merupakan dasar dalam pengambilan sebuah keputusan untuk pihak internal maupun eksternal suatu perusahaan. Profitabilitas merupakan salah satu rasio yang digunakan perusahaan dalam mengukur kinerja keuangan perusahaan untuk menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ICG dan ISR terhadap profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di OJK pada periode 2018-2020. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 36 data observasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang bersumber dari OJK. Data tersebut akan dianalisis dengan menggunakan analisis SEM-PLS dengan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ICG memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas dan ISR memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap profitabilitas. Kata Kunci: Islamic Corporate Governance (ICG), Islamic Social Reporting (ISR), Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 06:48
Last Modified: 23 Jan 2023 06:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27463

Actions (login required)

View Item View Item