KEEFEKTIFAN METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQUR’AN PESERTA DIDIK TPQ AL-FATHIYYAH NGEMPLAK MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Tsani, Nafis Tafrihatuts (2022) KEEFEKTIFAN METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQUR’AN PESERTA DIDIK TPQ AL-FATHIYYAH NGEMPLAK MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800088_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan untuk menggali informasi mengenai keefektifan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik TPQ Al-Fathiyyah Ngemplak, Mranggen, Demak. Dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah Bagaimana penerapan metode iqro’ dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di TPQ Al-Fathiyyah, Bagaimana keefektifan penggunaan metode Iqro’ dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di TPQ Al-Fathiyyah. Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah Untuk mengetahui proses pelaksanaan metode iqro’ di TPQ Al Fathiyyah Desa Ngemplak, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode iqro’ dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di TPQ Al-Fathiyyah Desa Ngemplak, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Dalam penelitian kualitatif ini penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Ddari data-data yang diperoleh kemudian dianalisis. Setelah data dianalisis diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode iqro’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Fathiyyah dapat dilihat dari tahapan berikut; Perencanaan pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode Iqro’ di TPQ Al-Fathiyyah sudah baik dan efektif, meskipun perencanaan pembelajaran tidak tertulis, namun perencanaan pembelajaran sudah terjadwal dan mengacu pada buku Iqro’. Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode iqro’ di TPQ Al-Fathiyyah sudah berjalan dengan baik dan efektif, karena berdasarkan pemilihan metode, pemilihan media, dan sumber belajar sudah dilaksanakan sesuai tujuan pembelajaran. Evaluasi pelaksanaan metode iqro’ dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an sudah sesuai dengan yang direncanakan. Kemudian keefektifan metode Iqro’ dalam pembalajaran baca tulis Al-Qur’an di TPQ Al-Fathiyyah dapat ditinjau dari beberapa aspek; pertama, kemampuan ustadz-ustadzah dalam mengolah pembelajaran sudah cukup baik, dapat dilihat dari cara guru membuka pembelajaran, menyampaikan materi dan menutup pembelajaran, serta ustadz-ustadzah mampu mengelola kelas dengan baik. Kedua, kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an masuk dalam kategori baik, peserta didik mampu membaca dengan tartil dan fashih, serta mampu menerapkan bacaan-bacaan tajwid dengan baik dan benar. Kata kunci: keefektifan pembelajaran, metode Iqro’, baca tulis Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:22
Last Modified: 23 Jan 2023 03:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27462

Actions (login required)

View Item View Item