STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN PADA PESERTA DIDIK DI MI NU TARSYIDUT THULLAB SINGOCANDI KUDUS

Rizkia, Naela Rifda (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN PADA PESERTA DIDIK DI MI NU TARSYIDUT THULLAB SINGOCANDI KUDUS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800085_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menggali informasi mengenai strategi yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan membaca al-Quran pada peserta didik di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah kesulitan apa saja yang dialami peserta didik, bagaimana strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca al-Quran pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami peserta didik, untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca al-Quran pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini tergolong field research atau penelitian lapangan. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bentuk kesulitan peserta didik pada saat belajar membaca al-Quran yaitu : mengidentifikasi huruf hijaiyah, dan kefasihan dalam melafalkan makharijul huruf. Strategi yang dilakukan oleh guru di MI NU tarsyidut Thullab untuk mengatasi kesulitan membaca al-Quran pada peserta didik yaitu : Mengefektifkan satu jam sebelum kegiatan pembelajaran untuk belajar membaca al-Quran, peserta didik yang kesulitan untuk membaca al-Quran melakukan sorogan setelah temannya yang sudah lancar membaca al-Quran, guru mengulang-ulang bacaan yang belum sempurna, dibagi kelompok belajar, bagi peserta yang sudah lancar berada di bangku depan memimpin temannya yang masih kesulitan membaca al-Quran. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, kesulitan membaca al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:19
Last Modified: 23 Jan 2023 03:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27457

Actions (login required)

View Item View Item