PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, KOMITE AUDIT, DAN PROFITABILITAS TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Empiris Pada Sektor Perbankan Syariah yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020)

Aidah, Nur (2022) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, KOMITE AUDIT, DAN PROFITABILITAS TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Empiris Pada Sektor Perbankan Syariah yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31401606639_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Audit delay merupakan rentang waktu antara tanggal laporan keuangan dengan tanggal laporan keuangan auditan. Kewajiban penyampaian laporan keuangan secara tepat waktu atau maksimal 120 hari setelah tahun buku berakhir kepada Otoritas Jasa Keuangan dimaksudkan untuk memberikan informasi yang akurat dan relevan kepada para investor dan stake holder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, leverage, komite audit, dan profitabilitas terhadap audit delay bank syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 11 bank syariah dengan periode pengamatan 3 tahun. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, leverage, dan komite audit terbukti berpengaruh terhadap audit delay. Sedangkan untuk variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap audit delay. Selain itu, dapat dibuktikan bahwa variabel ukuran perusahaan, leverage, komite audit, dan profitabilitas secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 27,7% terhadap audit delay. Kata kunci: audit delay, ukuran perusahaan, leverage, komite audit, profitabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:16
Last Modified: 23 Jan 2023 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27453

Actions (login required)

View Item View Item