Studi Pendapat Tokoh Agama Terhadap Praktik Penggunaan Hitungan Weton dalam Pencocokan Persiapan Pernikahan Bagi Pasangan Calon Pengantin (Studi Kasus di Desa Doro Kec. Doro Kab. Pekalongan)

Alfian, Muhammad Khusni (2022) Studi Pendapat Tokoh Agama Terhadap Praktik Penggunaan Hitungan Weton dalam Pencocokan Persiapan Pernikahan Bagi Pasangan Calon Pengantin (Studi Kasus di Desa Doro Kec. Doro Kab. Pekalongan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501700046_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)

Abstract

Pernikahan salah satu perintah Agama Islam dengan aturan syariat dan satu satunya jalan untuk memenuhi kebutuhan seksual yang diprbolehkan dalam agama Islam. Didalam Alqur’an dijelaskan bahwa salah satu tujuan dalam pernikahan yaitu (Litaskunu Ilaiha) agar laki-laki dan perempuan mendapatkan kedamaian dalam hidup. Ketidakcocokan dalam pasangan pengantin yang mempengaruhi bahagia atau tidaknya sepasang pengantin. Dalam fenomena yang terjadi di Desa Doro Kec.Doro Kab. Pekalongan menjadikan Hitungan weton untuk mencocokan calon pasangan yang akan menikah. Metode yang digunkan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research), dengan metode kualitatif untuk pendekatannya. Pengumpulan data menggunakan wawancara dari narasumber dan pencarian dokumen. Dari hasil penelitian ini, Pendapat Tokoh Agama terhadap Hitungan weton di desa Doro ini merupakan adat yang sudah berjalan dari dulu. Para tokoh agama meninjau Hitungan weton ini dari aspek hukum islam bahwa fenomena praktik hitungan weton dalam Pencocokan Pernikahan ini masih dilakukan oleh masyarakat di Desa Doro sampai saat ini.Dari garis besar sudut pandangan hukum islam hitungan weton merupakan Urf, yang mana adat yang berlaku tidak berlandaskan dari syariat islam. Ditinjau dari Hukum Islam , perhitungan weton tersebut bertentangan dengan ajaran agama Islam, karena akan meramalkan masa depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 06:59
Last Modified: 23 Jan 2023 06:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27446

Actions (login required)

View Item View Item