HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK ALFATTAAH BOARDING SCHOOL DEMAK

Hakim, Muhammad Shodiq Luthfil (2022) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK ALFATTAAH BOARDING SCHOOL DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800077_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar peserta didik dengan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Alfattaah Boarding School Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X di SMK Alfattaah Boarding School Demak. Sampel penelitian sebanyak 40 peserta didik yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas,uji interval, uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, motivasi belajar peserta didik dikategorikan baik. Hal ini diketahui berdasarkan angket yang telah diberikan kepada peserta didik dengan hasil rata – rata yaitu 59. Sedangkan, Keaktifan belajar peserta didik dikategorikan cukup. Hal ini diketahui berdasarkan angket yang telah diberikan kepada peserta didik dengan hasil rata – rata yaitu 56. Terdapat hubungan secara signifikan antara motivasi belajar dengan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Alfattaah Boarding School Demak. Hal ini dilihat dari perhitungan koefisien korelasi r hitung yang memperoleh nilai sebesar 0,806 . nilai ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat antar variabel berdasarkan tabel kekuatan dan korelasi hubungan 0,60 – 0,799. Yang berarti, apabila motivasi belajar tinggi, maka variabel keaktifan belajar akan semakin tinggi juga. Sedangkan berdasarkan nilai probabilitas atau siginikasi yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti hubungan antar dua variabel baik pada taraf 0,05. sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Kata kunci: Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, SMK Alfattaah Boarding School

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 06:57
Last Modified: 23 Jan 2023 06:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27440

Actions (login required)

View Item View Item