CASE-BASED LEARNING IN IMPROVING CRITICAL THINKING SKILL ON READING COMPREHENSION FOR THE ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMA N 2 SEMARANG

AISY, GHINA RIHADATUL (2022) CASE-BASED LEARNING IN IMPROVING CRITICAL THINKING SKILL ON READING COMPREHENSION FOR THE ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMA N 2 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800016_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan CBL efektif dalam meningkatikan kemampuan berpikir kritis para murid kelas 11 di SMA N 2 Semarang pada tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimental dan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 36 murid XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimental dan 36 murid XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Tes try-out pada kelas XI MIPA 1 dilakukan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Pre-tes dan posttes diberikan pada kelas eksperimental dan control. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil pre-tes dari kelas eksperimental dan kontrol adalah 64.17 dan 57.89. sedangkan hasil post-tes dari kelas eksperimental dan kontrol adalah 75.11 dan 72.22. Hasil post-tes dari kedua kelas dihitung dengan menggunakan T-tes. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa sig (2-tailed) 0.333 ≥ 0.05 yang mana berarti tidak adanya perbedaan yang signifikan pada skor rata-rata membaca murid antara kelas eksperimental yang diajarkan menggunakan CBL dan kelas control yang tidak diajarkan menggunakan CBL. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima. Maka dari itu, penggunaan casebased learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pemahaman membaca untuk kelas 11 di SMA N 2 Semarang adalah tidak efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 06:56
Last Modified: 23 Jan 2023 06:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27438

Actions (login required)

View Item View Item