IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs TANWIRUDH DHOLAM KALIKONDANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sholeh, Muhammad Bagus (2022) IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs TANWIRUDH DHOLAM KALIKONDANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800071_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Supervisi kepala madrasah merupakan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh kepala madrasah dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru dan perbaikan pengajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi kepala madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di MTs Tanwirudh Dholam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi kepala madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di MTs Tanwirudh Dholam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala MTs Tanwirudh Dholam sudah terlaksana dengan baik di dalam aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi. Tetapi disetiap aspek ada yang belum terlaksana yaitu: pada perencanaan supervisi kepala madrasah dalam penjadwalan pelaksanaan supervisi belum dilakukan secara terstruktur. Kemudian pada pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam memonitoring pembelajaran di tiap kelas belum dilaksanakan. Sedangkan pada evaluasi supervisi kepala madrasah ada yang belum terlaksana yaitu belum adanya penjadwalan tertulis terkait halnya rapat evaluasi dan penilaian guru. Kata kunci : Supervisi Kepala Madrasah, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:06
Last Modified: 23 Jan 2023 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27431

Actions (login required)

View Item View Item