FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA PERNIKAHAN DINI DI KABUPATEN GROBOGAN (Studi Kasus Pengadilan Agama Purwodadi)

MIFTAKHUDIN, AHMAD (2022) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA PERNIKAHAN DINI DI KABUPATEN GROBOGAN (Studi Kasus Pengadilan Agama Purwodadi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501700015_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Melangsungkan pernikahan merupakan sebuah impian bagi semua orang. Pernikahan sendiri bertujuan untuk membentuk keluarga yang sakinah mawaddah dan rahmah. Akan tetapi banyak terjadi pernikahan yang berdampak negatif karena beberapa faktor. Salah satunya ialah kurangnya umur yang berdampak signifikan terhadap kehidupan rumah tangga karena seseorang yang masih dibawah umur cenderung mengedepankan ego serta tidak berpikir secara luas ketika menghadapi sebuah permasalahan. Maka tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi terjadinya pernikahan dini. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya pernikahan dini, antara lain ialah faktor ekonomi, faktor pendidikan dan pengetahuan, faktor orang tua, faktor kecelakaan (hamil diluar nikah), serta faktor pergaulan. Akan tetapi dari beberapa faktor tersebut bisa ditarik garis besarnya bahwa faktor – faktor diatas tidak terlepas dari peran orang tua. Semua orang tua akan memiliki kedekatan secara emosianal terhadap anak – anaknya. Peran orang tua sangat penting bagi pertumbuhan karakter anak. Ketika kedekatan tersebut dimanfaatkan dengan baik, maka anak akan tumbuh dengan karakter, sifat serta sikap atau perilaku yang baik pula. Dengan demikian pergaulan anak – anak di usia dini akan jauh dari hal – hal yang tidak baik. Kata kunci: perkawinan, faktor perkawinan dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:05
Last Modified: 23 Jan 2023 03:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27430

Actions (login required)

View Item View Item