ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (ZIS) DI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) SEMARANG (KANTOR PERWAKILAN JAWA TENGAH)

HARYANTI, FATIMAH (2022) ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (ZIS) DI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) SEMARANG (KANTOR PERWAKILAN JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30501700001_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu rukun islam yang wajib untuk ditunaikan dengan ketentuan tertentu, sedangkan infak dan sedekah juga merupakan sunah dalam islam yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) merupakan salah satu sektor keuangan dalam islam dan juga ZIS merupakan salah satu sumber dana potensial untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan ummat. Dalam hal ini manajemen pengelolaan ZIS yang profesional juga sangat dibutuhkan. BMH Semarang merupakan salah satu lembaga amil zakat yang berkiprah untuk mewujudkan hal tersebut dengan pengelolaan ZIS yang baik dan profesional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana manajemen pengelolaan ZIS di BMH Semarang, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan mengamati langsung ke lapangan untuk mendapatkan kesimpulan yang tepat kemudian dipaparkan dengan bentuk deskripsi. Dalam manajemen pengelolaannya, BMH Semarang menggunakan metode yang beragam dan inovatif. Bentuk dari metode tersebut adalah dengan adanya program pendayagunaan ZIS yang sangat beragam melalui empat bidang, yaitu ekonomi, pendidikan, dakwah dan sosial kemanusiaan. Dibalik keberagaman program ZIS yang ada di BMH Semarang, ada aspek-aspek penting yang dilaksanakan dengan baik. Adapun aspek-aspek tersebut adalah penghimpunan, pendayagunaan, pelaporan serta pengawasan. Dari rangkaian diatas dapat diketahui bahwa BMH Semarang dalam pengelolaan ZIS sudah berhasil mengelola secara profesional dengan manajemen yang baik. Kata Kunci: Pengelolaan, manajemen, ZIS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:01
Last Modified: 23 Jan 2023 03:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27424

Actions (login required)

View Item View Item