PENGARUH NON PERFORMING FINANCING TERHADAP KINERJA KEUANGAN (ROA) BANK UMUM SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA COVID-19 DI INDONESIA (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di OJK Tahun 2010-2020)

Nabila, Sayyida (2022) PENGARUH NON PERFORMING FINANCING TERHADAP KINERJA KEUANGAN (ROA) BANK UMUM SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA COVID-19 DI INDONESIA (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di OJK Tahun 2010-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
31401606549_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi apakah terdapat perbedaan Non Performing Financing (NPF) sebelum dan sesudah Covid-19. Apakah terdapat perbedaan Kinerja Keuangan Bank Syariah sebelum dan sesudah Covid-19 dan Apakah terdapat pengaruh Non Performing Financing (NPF) terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah. Populasi pada penelitian ini adalah instansi perbankan syariah dengan jumlah sebanyak 14 perbankan yang menerbitkan laporan keuangan lengkap pada periode tahun 2010 hingga 2020. Sampel pada penelitian ini ditentukan menggunakan metode purposive sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 12 perbankan. Ditemukan adanya perbedaan signifikan atas nilai NPF instansi perbankan syariah antara periode sebelum serta sesudah terjadinya pandemi COVID-19 dimana nilai NPF rata-rata mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah terjadinya pandemi COVID-19. Ditemukan adanya perbedaan signifikan atas nilai kinerja keuangan instansi perbankan syariah yang diindikasikan dari nilai ROA antara periode sebelum serta sesudah terjadinya pandemi COVID-19 dimana nilai ROA rata-rata mengalami penurunan yang cukup signifikan setelah terjadinya pandemi COVID-19. NPF terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan instansi perbankan syariah yang diindikasikan dengan nilai return on asset (ROA). Kata Kunci: Non Performing Financing, Kinerja Keuangan (ROA), Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 07:10
Last Modified: 23 Jan 2023 07:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27414

Actions (login required)

View Item View Item