PENGARUH MOTIVASI WAJIB PAJAK, PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM yang terdaftar di KPP Kabupaten Pati)

Gupitasari, Sasa Deny (2022) PENGARUH MOTIVASI WAJIB PAJAK, PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM yang terdaftar di KPP Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401606546_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi wajib pajak, pengetahuan wajib pajak dan religiusitas terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM melalui kesadaran wajib pajak yang terdaftar di KPP Kabupaten Pati.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner.Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku wajib pajak UMKM golongan orang pribadi yang mempunyai usaha bebas dan terdaftar di KPP Pratama Pati, dengan sampel berjumlah 100 responden.Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu.Analisa data dalam karya ini menggunakan Statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima1).Motivasi Wajib Pajak secara positif dan Signifikan mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak,2).Secara Signifikan dan positif pengetahuan wajib pajak mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dengan nilai signifikan, 3). Religiusitas secara signifikan dan positif mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak.4). Secara positif dan signifikan Pengetahuan Wajib Pajak mempengaruhi Kesadaran Wajib Pajak.5). Religiusitas secara signifikan dan positif mempengaruhi Kesadaran Wajib Pajak. 6). Secara positif dan signifikan Kepatuhan Wajib Pajak mempengaruhi Kesadaran Wajib Pajak. Dan hipotesis ditolak yaitu 7). Motivasi secara Signifikan tidak mempengaruhi Kesadaran Wajib Pajak. Kata kunci :Kepatuhan Wajib Pajak,Kesadaran Wajib Pajak,Motivasi Wajib Pajak, Pengetahuan Wajib Pajak, dan Religiusitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 07:09
Last Modified: 23 Jan 2023 07:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27412

Actions (login required)

View Item View Item