JUNIOR HIGH SCHOOL EFL TEACHERS’ CHALLENGES IN ENGAGING STUDENTS IN VIRTUAL LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC

MAJID, ANNISA MIFTAHUL (2022) JUNIOR HIGH SCHOOL EFL TEACHERS’ CHALLENGES IN ENGAGING STUDENTS IN VIRTUAL LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800001_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801800001_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)

Abstract

Di era globalisasi ini menjadikan informasi teknologi sebagai peran penting dalam kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Ditambah lagi dengan pandemi dimana semua orang diminta untuk melakukan kegiatan di rumah melalui aplikasi virtual yang tidak pernah lepas dari informasi teknologi. Hal ini merupakan pengalam pertama yang dialami oleh semua guru, khususnya guru bahasa Inggris. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki tantangan-tantangan yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris di sekolah menengah pertama dalam melibatkan siswa dalam pembelajaran virtual selama pandemi Covid-19 dan bagaimana cara mereka dalam menghadapi tantangan tersebut. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan interview dan observasi sebagai instrumen. Subjek studi ini adalah dua guru bahasa Inggris di SMP Islam Al-Bisyri. Studi ini dibagi menjadi dua aspek, yakni tantangan-tantangan yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam melibatkan siswa dalam pembelajaran virtual selama pandemi Covid-19, dan strategi mereka dalam menghadapi tantangan tersebut. Dalam aspek pertama, ada tujuh tantangan yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam melibatkan siswa selama pembelajaran virtual, ketersediaan waktu dalam proses belajar mengajar, rendahnya kosakata siswa, rendahnya penguaasan IT, pengawasan siswa, disiplin waktu guru, masalah pada latar belakang siswa, dan keterlibatan siswa. Dalam aspek kedua, guru bahasa Inggris memiliki tujuh strategi dalam menangani permasalahan yang timbul, pemilihan elemen pembelajaran, memperkaya kosakata siswa, meningkatkan penguasaan IT, meningkatkan metode yang digunakan dalam pengawasan siswa, memastikan jadwal dan membuat catatan, menangani masalah siswa, dan meningkatkan keterlibatan siswa. Kata kunci: Pembelajaran virtual, Tantangan dalam melibatkan siswa, Strategi dalam melibatkan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 02:43
Last Modified: 23 Jan 2023 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27395

Actions (login required)

View Item View Item