IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN PADA ANAK DIDIK DI TPQ MIFTAHUL HIDAYAH DESA MENUR KECAMATAN MRANGGEN

Maftuhah, Maftuhah (2022) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN PADA ANAK DIDIK DI TPQ MIFTAHUL HIDAYAH DESA MENUR KECAMATAN MRANGGEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800054_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Al-Quran merupakan kitab suci terakhir yang diturunkan Allah SWT kepada ummat manusia. Keutamaannya tidak hanya mempelajari dan mengamalkan isinya, tetapi juga membacanya termasuk bernilai ibadah. Terlebih juga dalam menjalani kehidupan sebagai seorang muslim menggunakan al-Quran sebagai pedoman hidupnya. Maka dari itu salah satunya dengan menerapkan metode Yanbu’a dalam pembelajaran membaca al-Quran agar lancar dalam membacanya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Quran di TPQ Miftahul Hidayah kesa Menur Kecamatan Mranggen. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ Miftahul Hidayah desa Menur kecamatan Mranggen. 3) Untuk mengetahui penilaian metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Quran di TPQ Miftahul Hidayah desa Menur kecamatan Mranggen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam perencanaan metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Quran di TPQ Miftahul Hidayah desa Menur kecamatan Mranggen, guru menyiapkan rencana untuk pelaksanaan pembelajaran diataranya ada klasikal, latihan, maju individu, dan murajaah hafalan. 2) Dalam pelaksanaan metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Quran di TPQ Miftahul Hidayah desa Menur kecamatan Mranggen, pelaksanaannya diawali dengan salam, membaca chadlroh dan fatihah, absensi, pemberian motivasi dan guru menerapkan metode Yanbu’a dalam pembelajarannya. Penerapan metode Yanbu’a di TPQ Miftahul Hidayah menggunakan model klasikal, latihan, sorogan dan muraja’ah, juga terdapat beberapa metode lain diantaranya metode demonstrasi, pembiasaan, penugasan, dan hukuman. 3) Dalam penilaian metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Quran di TPQ Miftahul Hidayah desa Menur kecamatan Mranggen, ada guru khusus untuk mengeteskannya. Ada kriteria lulus lanjut ke jilid selanjutnya yaitu: bacanya sesuai dengan makharijul huruf, bacaan tajwid, bacanya harus tartil, fashahah, dan sesuai dengan bacaan gharib. Ketentuan lulus dari TPQ Miftahul Hidayah adalah lulus dari jilid 1 sampai 7 dari kitab Yanbu’a dan hafal juz 30. Kata Kunci : Pembelajaran Membaca Al-Quran; Metode Yanbu’a

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 07:20
Last Modified: 23 Jan 2023 07:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27388

Actions (login required)

View Item View Item