STUDENTS’ PERCEPTION OF USING SHORT VOICE MESSAGE IN WHATSAPP GROUP APPLICATION AS A MEDIUM IN LEARNING NARRATIVE TEXT FOR VOCATIONAL STUDENTS (A Descriptive Case Study of the Eleventh Graders at SMK Nasional Pati in Academic Year 2021/2022)

BELLA, FIRDA CINTYA (2022) STUDENTS’ PERCEPTION OF USING SHORT VOICE MESSAGE IN WHATSAPP GROUP APPLICATION AS A MEDIUM IN LEARNING NARRATIVE TEXT FOR VOCATIONAL STUDENTS (A Descriptive Case Study of the Eleventh Graders at SMK Nasional Pati in Academic Year 2021/2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801700015_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801700015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

Virus Corona hampir melanda semua negara di dunia. Hal ini menghambat semua sektor di seluruh dunia, salah satunya dalam bidang pendidikan.Pendidikan yang awal mulanya dilakukan di dalam kelas atau secara offline kini beralih ke kelas jarak jauh atau online. Dalam perspektif ini, media pembelajaran online menjadi salah satu aspek penting untuk dievaluasi. Adapun media yang digunakan sebagai sumber pembelajaran online adalah pesan suara singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan pesan suara singkat di group whatsapp sebagai media pembelajaran teks naratif di Sekolah Menegah Kejuruan.Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMK Nasional Pati. Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa yang yang ditentukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan 2 instrumen untuk mengumpulkan data. Instrumen tersebut adalah kuesioner dan interview. Penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup dengan 12 pernyataan dan wawancara semi strukture dengan 6 pertanyaan. Hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa hampir seluruh siswa di SMK Nasional Pati khususnya kelas 11 memberikan respon positif bahwa Pesan Suara Singkat menjadi salah satu media pembelajaran online yang dapat membantu serta mendukung siswa dalam proses belajar mengajar di kelas Kata Kunci: Pesan Suara Singkat, Group Whatsapp, Teks Narratif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 02:40
Last Modified: 23 Jan 2023 02:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27381

Actions (login required)

View Item View Item