THE USE OF CAKE APPLICATION TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY (A Quasi-Experimental of the Tenth Grade Students of SMA Negeri 1 Mayong in Academic Year 2021/2022)

TIAMANDA, FADILA (2022) THE USE OF CAKE APPLICATION TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY (A Quasi-Experimental of the Tenth Grade Students of SMA Negeri 1 Mayong in Academic Year 2021/2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801700013_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801700013_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Aplikasi Cake merupakan salah satu teknologi media online pada smartphone untuk pembelajaran bahasa Inggris. Aplikasi yang diterapkan dalam penelitian ini sangat mudah digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris seperti membaca, berbicara, menulis dan kosa kata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-eksperimental dengan perlakuan pre-test dan post-test. Desain ini digunakan untuk membandingkan hasil prestasi belajar siswa ketika menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek penelitian ini adalah dua kelas dari SMA Negeri 1 Mayong yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol dan X MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen. Hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) adalah 0,000 dan hasilnya adalah 58,19 untuk pre-test dan 63,47 untuk post-test. Artinya H1 diterima dan H0 ditolak dan kondisi siswa setelah perlakuan memiliki nilai yang berbeda. Dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan skor yang signifikan setelah mendapatkan perlakuan menggunakan Aplikasi Cake dalam pembelajaran kosakata. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Cake sebagai medium pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa. Kata Kunci: Kosa kata, Medium Online, Aplikasi Cake

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 02:37
Last Modified: 23 Jan 2023 02:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27377

Actions (login required)

View Item View Item