PENGARUH KUALITAS PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Periode 2015-2019)

Agustini, Ajeng (2022) PENGARUH KUALITAS PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Periode 2015-2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401606299_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh GCG terhadap CAR. Mengetahui dan menganalisis pengaruh GCG terhadap NPF. Mengetahui dan menganalisis pengaruh GCG terhadap ROA. Mengetahui dan menganalisis pengaruh GCG terhadap ROE. Mengetahui serta melakukan analisa bagaimana pengaruh GCG terhadap FDR. Mengetahui dan menganalisis pengaruh GCG terhadap NIM dan mengetahui dan menganalisis pengaruh GCG terhadap BOPO. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah di Indonesia yang terdaftar di bank indonesia. Berdasarkan statistik perbankan syariah yang di publikasikan Bank Indonesia periode 2015-2019 jumlah Bank Umum Syariah ada 15 bank dan Unit Usaha Syariah ada 20 bank, sehingga total keseluruhan adalah 34 bank yang merupakan besarnya populasi dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan data laporan keuangan tahunan masing-masing Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia periode 2015-2019 yang memenuhi kriteria sampling sehingga diperoleh jumlah sampel perbankan dengan jumlah 9 sampel dan total data sebanyak 45 data keuangan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan dimana kualitas penerapan GCG berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan CAR, ROA, ROE, NIM dan FDR sesuai dengan hipotesis penelitian, kualitas penerapan GCG berpengaruh negatif secara signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan NPF artinya dapat diterima sedangkan kualitas penerapan GCG berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan rasio BOPO ditolak. Kata Kunci: Good Corporate Governance, CAR, NPF, ROA, ROE, FDR, NIM, BOPO

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 02:35
Last Modified: 23 Jan 2023 02:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27375

Actions (login required)

View Item View Item