KOMPARASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANTARA SISWA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SD DAN MI KELAS VII SMPN 1 KEBONAGUNG DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022

Latipah, Khoirul (2022) KOMPARASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANTARA SISWA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SD DAN MI KELAS VII SMPN 1 KEBONAGUNG DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800047_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa antara siswa latar belakang pendidikan SD dan MI kelas VII SMPN 1 Kebonagung Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk pengumpulan datanya metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data, analisis kualitatif, analisis statistik deskriptif, dan analisis uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, latar belakang pendidikan yang ditempuh oleh siswa SMPN 1 Kebonagung berbeda beda dan memiliki dampak terhadap perolehan hasil belajar. Hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SD memiliki perbedaan dimana 35% pada kategori rendah, 59% pada kategori sedang, dan 6% pada kategori tinggi. Untuk siswa MI 59% pada kategori sedang, dan 41% pada kategori tinggi. Ada perbedaan hasil belajar pendidikan agama Islam (PAI) yang signifikan antara siswa latar belakang pendidikan SD dan MI siswa kelas VII SMPN 1 Kebonagung Demak, dengan dibuktikan dengan Uji Independent Sample T Test menunjukkan taraf 0,000< 0,05. Kata kunci: Latar Belakang Pendidikan, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:27
Last Modified: 24 Jan 2023 04:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27370

Actions (login required)

View Item View Item