HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMK ALFATTAAH BOARDING SCHOOL DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ali, Khabib Hanan (2022) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMK ALFATTAAH BOARDING SCHOOL DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800046_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pendidikan agama Islam SMK Alfattaah Boarding School Demak. Adapun rumusan masalahnya yaitu, 1.) Bagaimana minat belajar siswa PAI di SMK Alfattaah Boarding School Demak. 2.) Bagaimana prestasi belajar PAI. 3.) Apakah ada hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar PAI siswa SMK Alfattaah Boarding School Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan atau field research. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi, kemudian akan dianalisis melalui beberapa tahapan, antara lain analisis validitas, analisis reliabilitas, dan analisis hipotesis. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa: 1.) Minat belajar siswa SMK Alfattaah Boarding School Demak mencapai tingkat cukup yaitu 64. 2.) Prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam juga mencapai tingkat yang baik yaitu 85. 3.) Terdapat hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar bidang Pendidikan Agama Islam siswa SMK Alfattaah Boarding School Demak. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis sebesar 0,467. Dan ternyata hasil penelitian lebih besar dari hasil tabel yaitu pada taraf signifikan 5% nilai tabel 0,284 dan pada taraf signifikan 1% nilai tabel 0,368. Kemudian dicari nilai korelasi antara variabel X dan Y dengan n = 48 dengan taraf signifikan (α) = 0,05 atau 5% dengan asumsi koefisien korelasi r hitung r tabel 0,284 kemudian dari pengujian hipotesis diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,467. Kata Kunci : Hubungan, Minat Belajar, PAI, Prestasi Belajar, Pesantren SMK Alfattaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:26
Last Modified: 24 Jan 2023 04:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27366

Actions (login required)

View Item View Item