TEACHER’S LANGUAGE ANXIETY IN USING ENGLISH AS A MEDIUM OF INSTRUCTION IN CLIL CONTEXT

Rahayu, Alfi Dewi (2022) TEACHER’S LANGUAGE ANXIETY IN USING ENGLISH AS A MEDIUM OF INSTRUCTION IN CLIL CONTEXT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801700005_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa Inggris_31801700005_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan bahasa guru dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam konteks CLIL dan (2) untuk menguraikan strategi guru mengatasi kecemasan bahasa mereka dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di konteks CLIL. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai desain penelitian. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru, yaitu guru Matematika dan Biologi di sebuah SMA Islam Swasta di Jawa Tengah, Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner terbuka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis data kualitatif interaktif Miles dan Huberman (2014). Ada dua poin yang disimpulkan berdasarkan hasil penelitian ini. Pertama, faktor penyebab kecemasan dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam konteks CLIL adalah keterampilan atau tingkat kemahiran terbatas, harapan untuk menjadi kemahiran bahasa Inggris yang sempurna, ketakutan akan evaluasi negatif, kurangnya kursus atau pelatihan, dan kurangnya dukungan dari institusi. Kedua, dari 8 strategi mengatasi kecemasan bahasa, guru A menerapkan tujuh strategi seperti menerima kemampuan diri atau keterampilan yang lebih mengutamakan kesempurnaan, mengenali dampak kejutan budaya, membayangkan berbicara dengan baik dalam tekanan pengajaran di kelas, membuat rencana untuk meningkatkan bahasa. kemahiran, melakukan praktik percakapan dengan rekan kerja, menggunakan kegiatan instruksional, teknologi IT dan mempersiapkan kelas. Sementara guru B menerapkan lima strategi seperti meningkatkan kesadaran terhadap proses pembelajaran bahasa, membayangkan berbicara dengan baik dalam tekanan pengajaran di kelas, melakukan praktik percakapan dengan rekan kerja, menggunakan kegiatan instruksional dan teknologi TI dan mempersiapkan kelas dengan sangat teliti. Kata kunci: Kecemasan Bahasa Guru, Kelas bahasa, CLIL

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 02:31
Last Modified: 23 Jan 2023 02:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27360

Actions (login required)

View Item View Item