PENGARUH SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD ISLAM ROHMANIYYAH SEMARANG

Atikah, Isna (2022) PENGARUH SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD ISLAM ROHMANIYYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800044_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan tujuannya yaitu untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SD Islam Rohmaniyyah Semarang. Dalam penelitian ini, beberapa masalah yang dikaji meliputi: (1) Bagaimanakah sarana dan prasarana sekolah di SD Islam Rohmaniyyah Semarang? (2) Bagaimanakah prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SD Islam Rohmaniyyah Semarang? (3) Adakah pengaruh sarana dan prasarana sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SD Islam Rohmaniyyah Semarang? Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Dimana setelah mendapatkan data dan mengumpulkannya, maka kemudian dilakukan pengolahan dan penganalisisan data untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 97 orang peserta didik, sedangkan yang dijadikan sampel penelitian yaitu seluruh peserta didik SD Islam Rohmaniyyah Semarang. Pengumpulan data terkait sarana dan prasarana sekolah menggunakan angket dan untuk data terkait prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI menggunakan nilai PAS semester gasal tahun ajaran 2021/2022. Lalu terkait data – data lain yang termasuk data pendukung menggunakan metode wawancara dan observasi. Analisis keseluruhan data menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis statistik deskriptif untuk permasalahan 1 dan 2, serta analisis inferensial untuk permasalahan 3 yaitu berupa analisis korelasi product moment yang dilanjutkan pengujian hipotesis yang diajukan dengan analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Sarana dan prasarana sekolah yang ada di SD Islam Rohmaniyyah Semarang tergolong cukup memadai yaitu ditinjau dari mean atau nilai rata – rata sebesar 85,28 yang menempati interval 83 – 90 dengan standar deviasinya yaitu sebesar 7,712. (2) Prestasi belajar peserta didik SD Islam Rohmaniyyah Semarang pada mata pelajaran PAI tergolong cukup baik yaitu ditinjau dari mean atau nilai rata – rata sebesar 47,67 yang menempati interval 47 – 62 dengan standar deviasinya yaitu sebesar 18,666. (3) Terdapat pengaruh yang positif antara variabel sarana dan prasarana sekolah (X) terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI (Y) sebesar 4,3 % yang dibuktikan dengan persamaan regresi Ŷ = 4,175 + 0,504 X dan dengan hasil perhitungan uji t yaitu bahwa t_hitung = 2,074 > t_tabel = 1,985, maka Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dikarenakan t_hitung bernilai lebih besar dari t_tabel pada taraf signifikansi 5%, maka Ha dinyatakan diterima dan Ho ditolak. Sehingga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sarana dan prasarana sekolah dengan prestasi belajar peserta didik SD Islam Rohmaniyyah Semarang pada mata pelajaran PAI. Kata Kunci: Sarana dan prasarana, prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 02:27
Last Modified: 23 Jan 2023 02:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27357

Actions (login required)

View Item View Item