KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI BATU 1 KECAMATAN KARANG TENGAH KABUPATEN DEMAK

Apriliyanti, Intan Maulida (2022) KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI BATU 1 KECAMATAN KARANG TENGAH KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800042_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada kompetensi kepemimpinan guru PAI dalam peraturan menteri agama no. 16 tahun 2010 pasal 16 ayat 6. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kompetensi kepemimpinan guru PAI di SD Negeri Batu 1 dan faktor pendorong serta faktor penghambat dalam menerapkan kompetensi kepemimpinan. Penelitian ini bersifat kualitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan (field reseach), adapun sumber datanya terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan Bapak Muhadiyanto selaku Kepala Sekolah, Ibu Amirul Khamidah selaku guru PAI, dan peserta didik Nila Salma, Livina Marumi, Mahdil, Azrul, Aqila Chatan, Nadia. Adapun data sekunder, merupakan data pelengkap berupa RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), wawancara dengan rekan sesama guru dan data terkait sekolah. Analisis data pada penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis penelitian bahwasannya guru PAI dapat dikatakan sudah menerapkan kompetensi kepemimpinan dalam pembelajaran PAI sesuai dengan yang terdapat dalam Peraturan Menteri Agama. Kata Kunci: Kompetensi Kepemimpinan, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 02:20
Last Modified: 23 Jan 2023 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27351

Actions (login required)

View Item View Item