PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMK NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Mirzanti, Inke Rida (2022) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMK NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800041_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengkaji tentang peranan guru pendidikan agama Islam dalam melakukan pembinaan akhlak terhadap peserta didik SMK Negeri 5 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Penentuan sumber data dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling atau dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Pertimbangan yang dimaksudkan ialah sumber data yang diambil dari orang yang dianggap paling tahu mengenai apa yang diharapkan ada dalam penelitian ini. Terdapat dua sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang berisi catatan hasil wawancara dan observasi di lapangan yang diperoleh langsung dari data utama yaitu Kepala Sekolah, Guru PAI serta Peserta Didik Kelas XII Teknik Permesinan 2 selaku informan atau narasumber. Sedangkan sumber data sekunder diantaranya ialah berupa foto guru PAI saat melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, catatan yang dipublikasi maupun tidak berupa visi dan misi, identitas, sejarah, sarana dan prasarana, catatan kenakalan peserta didik yang diperoleh dari guru kelas, kurikulum, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode pembelajaran serta data-data lainnya mengenai SMK Negeri 5 Semarang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan conclusion atau penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data yang berfungsi untuk mengecek valid atau tidaknya sebuah informasi dari sudut pandang yang berbeda-beda terhadap apa yang telah dilakukan oleh peneliti dengan cara membandingkan informasi pada hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Dari penelitian ini ditemukan bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik SMK Negeri 5 Semarang dengan melakukan beberapa hal yaitu menganalisis dan memahami peserta didik sesuai dengan latar belakang dan tumbuh dari lingkungan yang berbeda-beda, pemberian nasehat dan bantuan kepada peserta didik, pemberian keteladanan dalam pembinaan akhlak dengan memberikan contoh melalui pribadi guru PAI itu sendiri, membina peserta didik dengan pembiasaan melalui pengamalan-pengamalan praktis, melakukan penilaian peserta didik dengan reward dan punishment berupa perbuatan yang mendidik. Kata Kunci: peranan guru pendidikan agama islam;pembinaan akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 02:16
Last Modified: 23 Jan 2023 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27348

Actions (login required)

View Item View Item