PENGARUH THIN CAPITALIZATION, EXECUTIVES CHARACTERISTICS, DAN TRANSFER PRICING TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Keluarga di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020)

Amalia, Tiara Firda (2022) PENGARUH THIN CAPITALIZATION, EXECUTIVES CHARACTERISTICS, DAN TRANSFER PRICING TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Keluarga di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401506142_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Pajak mmegang pernanan penting dalam suatu negara karena pajak merupakan sumber penerimaan utama sekaligus terbesar untuk pembangunan suatu negara. Namun menurut wajib pajak membayar pajak merupakah salah satu faktor yang dapat mengurangi pendapatan mereka karena mereka tidak dapat merasakan imbalan dari membayar pajak tersebut secara langsung. Maka dari itu para wajib pajak mempunyai alasan untuk melakukan penghindaran pajak ( Tax Avoidance) terutama bagi perusahaan. Perusahaan menghalalkan segala cara untuk melakukan penghindaran pajak. Dan beberapa cara yang mereka lakukan yaitu dengan melakukan praktek thin capitalization, executives characteristics, dan transfer pricing terhadap tax avoidance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh thin capitalization, executives characteristics, dan transfer pricing terhadap tax avoidance. Hasil penelitian terdahulu mengenai faktor yang mempengaruhi tax avoidance telah banyak dilakukan. Penelitian yang dilakukan oleh P. Dewi & Renni (2019) dan Jumailah (2020) menyatakan bahwa thin capitalization berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance. Penelitian Hanafi & Harto (2014) dan Mahmud (2020) menyatakan bahwa executives characteristics berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance. Penelitian yang dilakukan Nugraha & Kristanto (2019) dan Napitupulu et al. (2020) menyatakan bahwa transfer pricing berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance. Penelitian ini menggunakan data sekunderdan menggunakan sampel perusahaan keluarga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Sampel yang didapat sebanyak 10 perusahaan dengan penelitian selama 3 ahun sehingga jumlah data yang didapat 30 sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan pengujian hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa thin capitalization berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan executives characteristics dan transfer pricing tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 01:59
Last Modified: 23 Jan 2023 01:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27345

Actions (login required)

View Item View Item