IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI 1 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2021/2022

Hidayah, Feny Nurul (2022) IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI 1 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800037_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilakukan karena banyaknya siswa yang kurang antusias atau kurang aktif terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran Agama Islam juga banyak yang masih mengutamakan aspek keaktifan dalam pembelajaran pada guru saja. Seharusnya Pendidikan Agama Islam mengutamakan keaktifan dalam pembelajaran ada pada siswa. Siswa harus dibiasakan untuk menerima masalah dan terbiasa untuk memecahkan serta mengahadapinya dengan penuh pertimbangan dan dan tanggung jawab. Dalam penelitian ini peniliti memilih kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan informasi yang dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan peneliti langsung di lapangan. Penggunaan metode ini sangat tepat dan dapat menunjang hasil pembelajaran yang baik, selain nilai yang baik juga pemahaman yang maksimal oleh siswa. Dalam pelaksanaan dan penerapannya juga memerlukan untuk persiapan yang matang, dan dilakukan evaluasi pada setiap akhir pembelajaran. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penggunaan metode discovery learning dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Karangrejo baik. Kata kunci: implementasi, metode, discovery learning, pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:24
Last Modified: 19 Jan 2023 07:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27339

Actions (login required)

View Item View Item