Hidayah, Feny Nurul (2022) IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI 1 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
31501800037_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilakukan karena banyaknya siswa yang kurang antusias atau kurang aktif terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran Agama Islam juga banyak yang masih mengutamakan aspek keaktifan dalam pembelajaran pada guru saja. Seharusnya Pendidikan Agama Islam mengutamakan keaktifan dalam pembelajaran ada pada siswa. Siswa harus dibiasakan untuk menerima masalah dan terbiasa untuk memecahkan serta mengahadapinya dengan penuh pertimbangan dan dan tanggung jawab. Dalam penelitian ini peniliti memilih kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan informasi yang dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan peneliti langsung di lapangan. Penggunaan metode ini sangat tepat dan dapat menunjang hasil pembelajaran yang baik, selain nilai yang baik juga pemahaman yang maksimal oleh siswa. Dalam pelaksanaan dan penerapannya juga memerlukan untuk persiapan yang matang, dan dilakukan evaluasi pada setiap akhir pembelajaran. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penggunaan metode discovery learning dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Karangrejo baik. Kata kunci: implementasi, metode, discovery learning, pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 07:24 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:24 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27339 |
Actions (login required)
View Item |