PENGARUH IMPLEMENTASI E-BUDGETING DAN E-OFFICE TERHADAP TINGKAT TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PADA ASN PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

Kurnia, Muhammad Rizky (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI E-BUDGETING DAN E-OFFICE TERHADAP TINGKAT TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PADA ASN PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401506046_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan tentang permasalahan yang utama yaitu bagaimana pengaruh implementasi e-budgeting dan e-office terhadap tingkat transparansi dan akuntabilitas pada ASN Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Dalam penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berbasis akrual mewajibkan seluruh aktivitas pengelolaan keuangan harus transparan dan akuntabel. Hal tersebut membuat seluruh instansi pemerintah daerah hingga pusat wajib membuat pola kerja penganggaran ke era sistem informasi digital yang berbasis elektronik. E-budgeting dan e-office merupakan sistem aplikasi digital untuk mencapai good governance. E-budgeting memiliki manfaat untuk memudahkan dalam hal penganggaran dan e-office dapat digunakan dalam proses administasi pemerintahan. Populasi pada penelitian ini adalah ASN pemerintah daerah Provinsi Jawa Tengah yang memiliki masa kerja minimal 1 tahun. Penelitian ini dianalisis menggunakan program IBM SPSS 18. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukan bahwa setiap variabel adalah valid dan reliabel, hasil uji analisis deskriptif setiap variabel menunjukan baik, hasil uji analisis regresi linier berganda setiap variabel bernilai positif, hasil uji hipotesis menunjukan hawa setiap varibel mempunyai pengaruh positif, hasil uji parsial (t) menunjukan bahwa setiap variabel berpengaruh positif, hasil uji simultan (f) menunjukan bahwa setiap varibel berpengaruh secara simultan, hasil uji normalitas memenuhi asumsi normalitas, hasil uji heterokedastisitas tidak terdapat problem heteroskedastisitas, hasil uji multikolonieritas tidak terdapat problem multikolinieritas, hasil uji kolmogrov smirnov menunjukan bahwa data terdistribusi secara normal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah E-Budgeting dan E-Office mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan saling menguatkan terhadap Transparansi dan Akuntabilitas pada ASN Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Hal ini berarti bahwa E-Budgeting dan E-Office yang tinggi memiliki pengaruh yang semakin besar terhadap Transparansi dan Akuntabilitas pada ASN Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 01:58
Last Modified: 23 Jan 2023 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27333

Actions (login required)

View Item View Item