ANALISA PEMAKAIAN DAYA LISTRIK AIR CONDITIONER (AC) SETELAH PEMAKAIAN DIATAS 10 TAHUN DI BEBERAPA RUANGAN GEDUNG FTI UNISSULA SEMARANG

ABDILLAH, MUHAMMAD RIZKY (2022) ANALISA PEMAKAIAN DAYA LISTRIK AIR CONDITIONER (AC) SETELAH PEMAKAIAN DIATAS 10 TAHUN DI BEBERAPA RUANGAN GEDUNG FTI UNISSULA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Elektro_30601501736_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Elektro_30601501736_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Penggunaan Air Conditioner (AC) semakin meningkat seiring dengan kebutuhan hidup manusia , di universitas islam sultan agung semarang sebagai salah satu lembaga pendidikan khususnya Fakultas teknologi industri FTI yang menggunakan sistem pendingin sebagai salah satu fasilitas yang digunakan untuk memberikan kenyamanan dalam bekerja, menuntut ilmu, dan melepas lelah, kondisi AC secara umum dibawah kinerjanya yang berpotensi pemborosan energi listrik dengan RH antara 48,1% - 78,8% ( diawah standar SNI). Usia AC sudah tidak efisien karena sudah melebihi batas usia ekonimis maupun teknis (≥10tahun) dengan suhu ruang kerja rata-rata diatas 26˚C. Indonesia merupakan negara beriklim tropis lembab dengan temperature pada umumnya antara 24˚ - 32˚C dengan kelembapan 60 - 90%. Dalam penggunaa AC terdepat jangka waktu yang mengakibatkan kinerja pada AC menurun, penurunan kinerja AC terjadi karena komponen-komponen outdor AC seperti kompressor, kondensor, evaporator,refrigerant dan liannya mengalami keausan dan kerusakan sehingga kinerja pada AC menurun. Apabila kinerja AC menurun maka perlu dilakukan pengukuran agar dapat diketahui apakah dalam pengukuran mengalami pemborosan daya energi listrk atau tidak. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi beberapa buah AC dalam pemakaian kurang dari 10 tahun, penegcekan daya yang diserap sesuai namepalte, melakukan pengukuran seperti tegangan, arus, cosphi, kilo volt ampere(kva) dan kilo watt (kw),menghitung hasil dan pengukuran,melakukan perbandingan pengukuran dengan nameplate pada AC. Pada AC yang berumur diatas 10 tahun akan mengalami pemborosan energi yang dapat mengakibatkan pembengkakan biaya listrik PLN,. Ini dibuktikan dengan melonjaknya nilai perhitungan daya pada AC dengan merek National CU-C98KJ yaitu sebesar 1,185 KW sedangkan daya pada name plate hanya sebesar 0,746 KW. Pada AC dengan umur dibawah 10 tahun tidak mengalami pemborosan energi ini dibuktikan dengan hasil perhitungan daya pada AC merek MITSUBISHI SRC12CR-S3 yaitu sebesar 1,139 KW, nilai ini tidak jauh berbeda dengan daya yang terdapat pada name plate yaitu 1,119 KW. Kata Kunci : Kelayakan Pemakian Daya AC, BtU/h.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:21
Last Modified: 19 Jan 2023 07:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27320

Actions (login required)

View Item View Item