EFEKTIVITAS METODE TAKRÍR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MI MUHAMMADIYAH GEMPOLSEWU KENDAL TAHUN AJARAN 2021/2022

Patikasari, Diah Puri (2022) EFEKTIVITAS METODE TAKRÍR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MI MUHAMMADIYAH GEMPOLSEWU KENDAL TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800028_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengukur efektivitas penggunaan metode menghafal dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik di MI Muhammadiyah Gempolsewu Kendal. Metode yang digunakan adalah metode takrír , melibatkan 32 siswa MI Muhammadiyah Gempolsewu Kendal. Penentuan subjek dipilih dari skala pelaksanaan metode takrír dan berdasarkan diskusi peneliti dengan guru tahfidz. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala metode takrir ( r = 0,361 – 0,600 α= 0,667), angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji t ( t-test ). Hasil uji t ( t-test ) menunjukkan bahwa ada pengaruh positif metode takrír terhadap peningkatan hafalan Al-Qur’an peserta didik dengan skor t = 2,835 dan sig 0,008 (0,008 < 0,050). Pelaksanaan metode takrir secara langsung bisa meningkatkan hafalan dan memperkuat hafalan peserta didik yang telah dihafalkan sehingga tidak mudah lupa. Kata kunci : Efektivitas, Metode Takrír, Hafalan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:19
Last Modified: 19 Jan 2023 07:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27315

Actions (login required)

View Item View Item