KRITIK SOSIAL PADA FILM DOKUDRAMA (Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk Pada Film The Social Dilemma (2020) Karya Jeff Orlowski)

Khoerunnisa, Tika Kartika (2022) KRITIK SOSIAL PADA FILM DOKUDRAMA (Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk Pada Film The Social Dilemma (2020) Karya Jeff Orlowski). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800076_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800076_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kehidupan sosial kita telah berubah semenjak hadirnya teknologi yang berdalih mempermudah aktifitas. Maraknya berita palsu dan propaganda di media sosial, membuat iklim informasi kita tercemari. Kemajuan teknologi yang tidak terbendung ini juga telah merenggut identitas dan harga diri anak. Melalui Film The Social Dilemma, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kritik sosial mengenai dampak teknologi dengan menganalisis struktur teks, konteks, dan kognisi sosial dalam Film The Social Dilemma. Penelitian ini menggunakan Teori Wacana Van Dijk dengan metode Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk yang menganalisis struktur teks, konteks, dan kognisi sosial dalam film. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan paradigma kritis. Data didapatkan melalui observasi terhadap film dan beberapa sumber pustaka. Hasil penelitian terhadap Film The Social Dilemma menunjukkan dua bentuk kritik sosial, yaitu usaha menormalisasi penggunaan gadget berlebihan pada anak dan usaha mengonsumsi berita propaganda dan polarisasi. Bentuk kritik Sosial ditemukan dalam beberapa dialog dan potongan scene pada film. Pada dimensi teks, dialog-dialog dianalisis berdasarkan struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Secara topik, skema, alur, detil, maksud serta pemilihan kata dan susunan kalimat dalam dialog, menunjukkan adanya kedua bentuk kritik sosial dengan jelas. Pada dimensi konteks, terdapat situasi, latar, dan suasana dalam bagian naratif film yang mengkritik dan menyinggung kurangnya kesadaran masyarakat atas berita palsu, propaganda, serta dampak secara psikis akibat kecanduan gadget di usia belia. Sementara pada dimensi kognisi sosial, narasumber pada film memaparkan opini pribadi sebagai seorang yang memahami bagaimana dan seperti apa teknologi bekerja hingga memberi dampak. Sehingga secara kognisi individu, narasumber berbicara berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Kata Kunci: Film, Dokudrama, Kritik Sosial, Analisis Wacana Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 01:52
Last Modified: 23 Jan 2023 01:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27313

Actions (login required)

View Item View Item