ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA MADU “9 RATU LEBAH” UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI ERA DIGITAL (Studi Deskriptif pada Produk UMKM Madu “9 Ratu Lebah” di Kendal )

SOFIAH, SOFA (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA MADU “9 RATU LEBAH” UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI ERA DIGITAL (Studi Deskriptif pada Produk UMKM Madu “9 Ratu Lebah” di Kendal ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800073_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800073_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Madu “9 Ratu Lebah” merupakan bisnis pemula dalam memasuki pasar online pada saat pandemi. Dimana, kondisi ideal nya UMKM mengalami penurunan. Namun, pihaknya mampu masuk dengan menerapkan sistem digitalisasi sehingga dapat meningkatkan penjualan. Tinggi nya persaingan membuat UMKM pada produk ini harus mampu mengimbangi melalui peningkatan daya saing. Maka dari itu, dalam upaya nya meningkatkan daya saing di era teknologi digital diperlukan perencanaan strategi yang baik untuk kedepannya. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui strategi khusus seperti apa yang digunakan serta rencana strategi kedepannya dalam meningkatkan daya saing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan paradigma interpretif. Penelitian ini menggunakan teori keunggulan bersaing serta konsep bauran pemasaran. Subjek penelitian ini adalah pemilik dari usaha madu “9 Ratu Lebah” serta tim marketing nya. Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwasanya produk madu “9 Ratu Lebah” saat ini telah menerapkan strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) melalui komunikasi secara langsung (offline) berupa Advertising, Personal Selling, Sales Promotion Serta komunikasi secara tidak langsung (online) melalui media sosial seperti instagram, facebook , whatsapp serta website. Penerapan brand image dengan menempatkan produk madu sebagai salah satu minuman kesehatan, merupakan strategi khusus nya sehingga dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Serta menekankan pada penetapan biaya atau harga yang mudah dijangkau (cost leardership), membuat pembeda dari produk lain melalui ciri khas, kualitas serta inovasi pada produk nya (differensiasi) dan memfokuskan pada permintaan target pasar untuk strategi daya saingnya. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasan, Daya Saing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 01:51
Last Modified: 23 Jan 2023 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27311

Actions (login required)

View Item View Item