PERILAKU IMITASI ANAK TERHADAP TOKOH REYNA PADA TAYANGAN SINETRON IKATAN CINTA (STUDI DESKRIPTIF PADA SISWI KELAS 5-6 SD NEGERI 01 SURU)

Haris, Septi Muhamad Abdul (2022) PERILAKU IMITASI ANAK TERHADAP TOKOH REYNA PADA TAYANGAN SINETRON IKATAN CINTA (STUDI DESKRIPTIF PADA SISWI KELAS 5-6 SD NEGERI 01 SURU). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800069_fullpdf.pdf

Download (943kB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800069_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Sinetron Ikatan Cinta merupakan tayangan yang banyak ditonton oleh masyarakat Indonesia dari orang tua sampai anak-anak, meskipun sinetron ini diperuntukkan untuk remaja dan dewasa namun banyak pula anak-anak yang menyaksikan tayangan sinetron ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perilaku imitasi anak terhadap tokoh Reyna dalam tayangan sinetron “Ikatan Cinta” akan memberi efek berupa perilaku imitasi terhadap penonton anak-anak. paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis dengan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori imitasi, dan dengan didukung metode pengambilan sampel purposive sampling. Dimana peneliti memilih informan yang dianggap memahami mengenai tayangan sinetron Ikatan Cinta dan tokoh Reyna yaitu siswi kelas 5 dan 6 yang menonton tayangan sinetron tersebut setidaknya 4 kali dalam seminggu dengan durasi menonton 1 jam hingga 2 jam. Data yang peneliti gunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara langsung terhadap informan, serta menggunakan data sekunder berupa dokumen maupun sumber-sumber lain yang relevan dengan penelitian ini, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dengan cara memilih informasi yang sesuai dengan penelitian ini dan pada akhirnya dilakukan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswi kelas 5-6 SD Negeri 01 Suru mengalami perilaku imitatif akibat dari menyaksikan tayangan sinetron Ikatan Cinta, perilaku imitasinya bersifat positif dan negative, adapun bentuknya yaitu perilaku imitasi komunikasi berupa imitasi komunikasi verbal dan imitasi komunikasi nonverbal serta bentuk perilaku imitasi yang lain berupa imitasi gaya berpakaian. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah penggunaan teori lain sebagai pendukung teori utama agar mendapatkan pembahasan yang lebih mendalam. Kata Kunci: Perilaku Imitasi, Anak, Sinetron

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 01:50
Last Modified: 23 Jan 2023 01:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27309

Actions (login required)

View Item View Item