Handayani, Arum Siti (2022) PENERAPAN KURIKULUM MUATAN LOKAL (MULOK) BACA TULIS AL-QUR’AN DI SD TAHFIDZ AR-RISALAH BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
31501800020_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
Abstract
Masyarakat di sekitar sekolah adalah masyarakat yang religius, dengan begitu seharusnya seluruh siswa yang belajar di Sd Tahfid Ar-Risalah Bandungan ini tidak ada yang buta baca tulis Al-Qur’an. Tapi pada kenyataannya tidak demikian, hal ini dapat dilihat salah satunya anak -anak kelas 3 masih banyak yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian ini yaitu terdapat tapananperecanaan dalam penerapan muatan lokal baca tulis Al-Qur’an sudah bagus walaupun masih ada sebagian peserta didik yang masih belum lancar dalam membaca Al-Qur’annya karena terdapat hambatan dan tantangan dalam proses penerapan kurikulum muatan lokal baca tulis Al-Qur'an Kurangnya sara prasarana, kurangnya antusias siswa, dan kurangnya dukungan dari keluarga. Kata Kunci: Penerapan, Kurikulum, Muatan Lokal, Baca Tulis Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 07:17 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27306 |
Actions (login required)
View Item |